Minggu, 07 Juli 2013

Web & Interaksi Manusia dengan Komputer


 A. Perilaku Navigasi

Pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran –
   lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.

Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)

B. Perilaku Pencarian

Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut. iklan yang kita inginkan dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.

C. Rekomendasi Web dan Perilaku social

D.  Web merefleksikan perilaku social

Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada.

E. Web mempengaruhi perilaku sosial

Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak postifnya adalah :
1.    Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2.    Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3.    Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

Dampak negatif :
1.  Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2.  Adanya plagiatisme
3.  Munculnya pencurian/hack
4.  Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5.  Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

3. Struktur web, dan analisa web

a.    Struktur Link
Ketika kita bicara struktur HTML yang membentuk link, maka kita berbicara tag a. Pada tag ini ada beberapa attribute yang cukup penting dalam membentuk link, anatara lain :

href

Attibute wajib yang harus selalu hadir di dalam tag a. Attribute ini digunakan untuk menentukan lokasi tujuan dari link.

[xml autolinks="false"]
Iznyn Blog
[/xml]
Kode diatas akan menghasilkan :
Iznyn Blog
title

Attribute yang walaupun bersifat pilihan, namun cukup penting. Attribute ini dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada user tentang lokasi tujuan dari link tersebut. Text yang dimasukkan di dalam attribute ini dapat dilihat melalui tooltip yang muncul ketika kita meletakkan mouse diatas sebuah link.

Hal ini sangat bermanfaat, karena kita dapat menampilkan teks singkat sebagai label dari link yang secara langsung dilihat oleh user, kemudian kita dapat menggunakan attribute title untuk memperjelas tentang lokasi tujuan link. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini.

[xml autolinks="false"]
Link
[/xml]

Kode diatas akan menghasilkan :
Link
accesskey

Attribute yang menyediakan suatu key shortcut untuk user dalam mengakses link di dalam suatu halaman. User sendiri dapat menggunakan accesskey yang disediakan dalam link berbeda untuk setiap jenis browser dan platform. Sebagai contoh pada firefox/window kita dapat mengunakan accesskey dengan menekan kombinasi shift+ctrl+key.

Walapun sangat berguna namun kita harus menyediakan suatu metode khusus untuk menampilkan accesskey dari suatu link agar dapat diketahui oleh user. Tanpa dilakukan hal ini, maka user tidak akan pernah menyadari bahwa accesskey itu hadir. Beberapa cara dapat dilakukan dan yang paling sering digunakan adalah dengan menyertakannya di dalam attribute title. Namun cara ini pun terdapat masalah karena user perlu meletakkan mouse diatas link terlebih dahulu untuk dapat mengetahui adanya accesskey.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menyertakan informasi accesskey di dalam teks link, seperti contoh di bawah ini :

[xml autolinks="false"]
Link [Access key = a]
[/xml]

Kode diatas akan menghasilkan :
Link [Access key = a]
tabindex

Di dalam suatu halaman web ketika seorang user mengklik tombol tab pada keyboard maka akan menelurusi setiap link yang ada di dalamnya. Dan attribute ini digunakan untuk menentukan urutan penelusuran link tersebut. Secara normal penelusuran akan dimulai dari link yang muncul pertama kali di kode html. Sebagai contoh,

[xml autolinks="false"]
Link
[/xml]

Kode diatas akan menghasilkan :
Link
rel

Attribute yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara halaman yang menjadi tujuan link (yang disertakan di dalam attribute href) dengan halaman yang mereferensikan. Nilai yang dapat dimasukkan dalam attribute ini sangat bervariasi, berikut beberapa link yang mencantumkan beberapa nilai attribute rel.
 HTML 4 Link Type
 HTML5 rel values
 Microformat rel Value
 XFN relationships meta data profile

Attribute ini sebenarnya tidak disupport oleh seluruh browser, atau browser akan mengabaikan attribute ini dan tidak akan memberikan perilaku yang berbeda untuk setiap tipe relationship. Namun Attribute rel dapat membantu search engine untuk mendapatkan diskripsi tentang suatu link. Walaupun demikian kita dapat membedakan sendiri setiap attribute rel dengan bantuan css dan javascript. Kita akan menjelaskannya pada dua seri artikel berikutnya.

Berikut beberapa contoh penggunaan attribute rel dapat dilihat dibawah ini.
[xml autolinks="false"]
Home
[/xml]
[xml autolinks="false"]
Tentang link
[/xml]
Tips

Berikut beberapa tips yang berhubungan dengan penyusunan struktur Html Link sehingga dapat menghasilkan struktur yang baik.

Teks Link

Di dalam menentukan teks link sebaiknya digunakan kata-kata singkat namun deskriptif. Hindari penggunaan kata-kata yang kurang deskriptif seperti disini, berikut ini, link ini etc.
Sebagai contoh daripada menggunakan kalimat berikut :

Link disusun dengan menggunakan tag HTML a. Untuk lebih jelasnya klik disini.
Lebih baik menggunakan Link disusun dengan menggunakan tag HTML a. Pada artikel "Memahamai Web Link" akan memberikan penjelasan yang sangat bagus tentang link.

Hal penting dalam menentukan url dari link tujuan adalah bahwa dia tidak boleh menyertakan karakter khusus HTML seperti &, <, >, etc. Jika karakter tersebut tetap disertakan akan menghasilkan kode HTML yang tidak valid. Untuk mengatasinya kita harus mengubah karakter tersebut menjadi HTML entities. Sebagai contoh untuk karakter & dapat dirubah menjadi &amp; atau &#38;.

b.    SOCIAL NETWORK

Situs Social Network (Jejaring Sosial) merupakan situs pertemanan komunitas online dimana kita bisa mengetahui kegemaran / kegiatan teman kita dengan dia mengupdate status nya dan bisa berkomentar dengan apa yang mereka kerjakan.
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Sebuah jasa jaringan sosial di Internet akan memfokuskan dari untuk membangun komunitas (manusia) secara online untuk berbagai kesukaan, hobby, dan aktifitas. Kebanyakan jasa jaringan sosial berbasis Web dan memberikan berbagai cara untuk pengguna berinteraksi, mulai dari e-mail hingga Internet Messaging.
Jaringan sosial telah membuat cara baru yang sangat dahsyat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Situs jaringan sosial digunakan oleh jutaan manusia.Tipe utama jasa jaringan sosial biasanya berupa daftar / direktori yang berbasis pada kategori, misalnya, alumni sebuah sekolah, atau teman sekelas, sebagai cara untuk tetap berhubungan antar teman, atau sebuah sistem rekomendasi yang dihubungkan berdasarkan kepercayaan (trust).
Metoda yang populer menggabungkan ke dua tipe jaringan ini. Jaringan sosial yang banyak digunakan di Amerika Serikat adalah MySpace dan Facebook. Di Eropa lebih banyak digunakan MySpace, Facebook dan Hi5. Sementara di Amerika Selatan dan Amerika Tengah lebih banyak menggunakan Orkut dan Hi4. Di Asia dan Pasifik lebih banyak menggunakan Friendster, Orkut dan Cyworld.
Sekarang ini semakin banyak para peneliti dan akademisi yang mulai mempelajari jaringan sosial, seperti, Facebook, terutama untuk melihat dampak yang akan terjadi pada masyarakat. 

Beberapa isu yang banyak di teliti adalah,
·      Kepribadian
·      Privasi
·      Kapital sosial.
·      Penggunaan untuk remaja.
·      Sejarah Social Network (Jejaring Sosial)
·      Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
·      Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
·      Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
·      Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
·      Layanan Social Network (Jejaring Sosial)

               Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial smemiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

·      Macam-Macam Komunitas

Kehadiran Facebook yang begitu fenomenal telah menghadirkan dan meninggalkan berbagai cerita baik positif maupun negatif. Di beberapa group ada yang mendiskreditkan Islam dan dalam kasus ini, kita tidak bisa berbuat banyak karena tidak bisa berperan sebagai admin / eksekutor.Karenanya, munculah beragam situs jejaring sosial khusus bagi muslim yang dimulai dengan kehadiran Muxlim.com, terus MillatFacebook (MFB) dan setelah itu berbagai situs sejenis bermunculan seperti joinMuslims.com (JM), Facelim.com (FL) Nahnumuslim.com (NM), PencerahanHati.com (PH), Cybermuslim.com, Salingsapa.com, JoinMuslims.com dan sebagainya. dampak-dampak dari Social Network (Jejaring Sosial)
Suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
  
Jenis-jenis social network :

1. Jejaring Sosial melalui Internet
Contoh : Friendster,Facebook,Blogger dll

2. Jejaring Sosial melalui komunitas Dunia Nyata
Contoh : komunitas fotografi,Klub Mobil, Organisasi atau Institusi dll

Awal mula social network di internet :

1. Dampak positif
      Media silaturahmi antar teman lama, teman baru dan keluarga.
      Media diskusi dan pertukaran informasi.
      Media iklan baik gratis maupun iklan berbayar yang telah disediakan.
      Media kampanye bagi mereka yang ingin menjadi pemimpin.
      Sarana membangun komunitas kelompok tertentu.
      Melatih berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat.
  Bisa mempercepat globalisasi dengan cara saling berhubungan antara negara yang satu dengan yang lain.

2. Dampak negative
      Mengurangi kinerja karena karyawan perusahaan, dosen dan mahasiswa yang bermain Internet pada saat sedang bekerja, pasti mengurangi waktu kerja.
      Berkurangnya perhatian terhadap keluarga, ini terjadi karena orang tua semakin sedikit waktunya dengan anak-anak dan keluarga mereka.
      Tergantikannya kehidupan sosial karena sebagian orang merasa cukup dengan berinteraksi lewat Internet sehingga mengurangi frekuensi bertemu muka.

C.  Pengukuran Web

Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.

1. Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah website tersebut.

Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai berikut  :
  • Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.
  • Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
  • Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
  • History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.

Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.

2. GTmetrix adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.

Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
-          Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak

Kelebihan GTmetrix :
-          Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
-          Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Dapat menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.

Kekurangan GTmetrix :
-          Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.

3. Alexa Rank
         Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

Kelemahan Alexa:

  1.  Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
  2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Kelebihan Alexa :
  1. Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
  2. Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.

e. Search Engine
             Mesin pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www) atau komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan criteria yang spesifik ( biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.

Cara Kerja Search Engine
        Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ).
        Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk di gunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber ( yang di sebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna menggunakan mesin pencari dan memasukin query, biasanya dengan memasukan kata kunci, mesin mencari akan mengindeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya. Daftar ini biasanya di sertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari.

Pengelompokan Search Engine
Search Engine dikelompokkan ke dalam tiga kelompok utama. Yaitu, primer, sekunder, dan targeted. Yuk kita bahas satu-satu :

Search Engine Primer
Search engine primer adalah jenis search engine yang umum kite kenal salama ini, yaitu Google, Yahoo!, dan MSN.

Google
        The King of Search Engine, itulah julukan yang diberikan untuk Google. Julukan itu memang pantas diberikan kepada Google. sebab Google memberikan tingkat ke-akurat-an yang bisa memuaskan banyak pihak. Seperti juga Yahoo!, Google memang memberikan berbagai fasilitas tambahan kepada mereka yang menginginkannya. Seperti dalam pencariannya memuat foto, video dan file yang bersangkutan, dapat menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman berbahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia, dll..
       Tapi sekali lagi ditekankan bahwa, fasilitas tambahan itu bukanlah penyebab utama kepopuleran Google. Keakuratan lah yang menyebabkan Google begitu populer. Keakuratan ini mulai dikembangkan saat para pendesign Google mulai menambahkan faktor link popularity kedalam teknik perangkingannya.
        Kombinasi antara keyword dan link popularity ini, memberikan tingkat keakuratan yang tinggi jika dibanding hanya menggunakan keyword saja. Namun perlu diingat juga bahwa, link popularity dan keyword hanyalah dua dari sekian banyak faktor yang diperhitungkan saat Google merangking tingkat relevansi dari suatu web page terhadap suatu topik.

Yahoo!
            Yahoo! adalah sebuah search engine. Tapi selain search engine, Yahoo! juga memiliki apa yang disebut dengan Web Directory. Jika kamu belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Web Directory itu, berikut gambarannya secara umum.
           Web Directory adalah kumpulan dari web page yang ada di internet. Web page-web page itu dikelompokkan kedalam beberapa kategori utama. Dari beberapa kategori utama ini, dipecah atau dibagi-bagi lagi mencari sub katergori yang lebih spesifik.
     Web directory ini fungsinya mirip dengan search engine, yaitu untuk mencari, mengelompokkan, kemudian merangking atau mengindex berbagai web page yang ada di internet. Jadi kita bisa menggunakan web directory ini untuk mencari web page berdasarkan kategori yang kita inginkan.
            Yahoo! sebenarnya pada awal pembuatannya adalah sebuah web directory. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca mengenai sejarah Yahoo!. S eiring perkembangannya, Yahoo! akhirnya dikenal juga sebagai search engine. Namun tidak seperti Google, dalam upayanya menyediakan fasilitas web search, Yahoo! tidak bekerja sendirian. Yahoo! bekerjasama dan menggunakan jasa dari pihak ketiga, misalnya Inktomi, AllTheWeb, AltaVista, Overture, dan juga Google.

Bing
        BING mesin pencari yang baru dari Microsoft, telah datang dan mengambil perhatian banyak orang dengan cepat. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet.
        Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Search Engine Sekunder
             Mereka disebut search engine sekunder karena mereka mempunyai audience atau user yang lebih spesifik. Search engine yang masuk kedalam kelompok search engine sekunder ini biasanya memang dibuat dan ditujukan khusus untuk kalangan tertentu saja. Misalnya untuk pengguna dari negara-negara tertentu saja.
              Search engine sekunder mungkin memang tidak memberikan traffik sebanyak search engine primer. Antara lain itu disebabkan oleh keterbatasan seperti yang sudah disebutkan diatas.
         Search engine sekunder dibuat dan ditujukan untuk kalangan spesifik, yang artinya mereka punya audience atau user yang spesifik pula. Jika kebetulan search engine tersebut memiliki audience yang sama dengan audience yang menjadi target kita maka traffic yang kita dapatkan dari search engine sekunder ini adalah memang traffik yang menjadi target utama kita. Itu artinya kita tidak perlu repot-repot lagi mencari orang-orang yang menjadi target utama kita. Kita cukup memfokuskan diri pada search engine sekunder yang mempunyai audience yang sama dengan audience yang menjadi target dari usaha SEO yang kita lakukan.
       Seperti juga search engine yang termasuk dalam kelompok primer, search engine sekunder ini juga mempunyai algoritma yang berbeda dalam hal merangking. Mereka mempunyai penekanan pada kriteria yang berbeda-beda dalam hal penentuan rangking. Ada yang lebih menekankan pada penggunaan keyword, sementara yang lain lebih menekankan pada link, dan seterusnya.
          Search engine sekunder ini tidak bisa kita abaikan saat kita mulai membuat perencanaan SEO. Seperti yang sudah dikatakan tadi, walau mungkin traffic yang mereka berikan tidak sebanyak traffik dari search engine primer, namun traffik tetaplah traffik. Lycos, Miva, LookSmart, Ask.com, dan Espotting adalah contoh-contoh search engine yang termasuk dalam kelompok sekunder.

Targeted Search Engine
          Targeted search engine terkadang disebut juga topical search engine. Yaitu search engine yang lebih spesifik dari yang spesifik. Search engine ini biasanya dibuat untuk melayani user-user yang mempunyai ketertarikan pada topik-topik yang tertentu. Topik-topik ini biasanya bersifat umum, misalnya masalah kesehatan, bisnis, pendidikan, teknologi, dan sejenisnya.
        Contoh-contoh search engine targeted ini misalnya, CitySearch, Yahoo! Travel, dan MusicSearch. Seperti juga search engine sekunder yang kita bicarakan diatas, traffik yang ke atau dari search engine kelompok targeted ini adalah traffik yang benar-benar spesifik. Carilah search engine targeted yang mempunyai relevansi dengan topik yang menjadi target usaha SEO yang kita lakukan.

f. WEB ARCHIVING

Definisi Web Archiving
            Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.

Cara Kerja Web Archiving
      Yang paling umum web pengarsipan teknik menggunakan web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.

Contoh-contoh Web Archiving
Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg melayani jasa Web Archiving:
  • Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
  • Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
  • Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage Dll.

g. CRAWLER
         Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO.
         Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots      .txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.
      Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya.
Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.

Crawlers Pada Search Engine
Berikut ini adalah contoh-contoh dari Crawler:

1.Teleport Pro
         Salah satu software web crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2.HTTrack
        Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
3.Googlebot
       Merupakan web crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena proses crawling ini.
4.Yahoo!Slurp
   Kalau Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.YaCy
     Sedikit berbeda dengan web crawler  lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi index, sehingga tidak memerlukan server central.
Contoh search engine yang menggunakan YaCy adalah Sciencenet (http://sciencenet.fzk.de) untuk pencarian dokumen di bidang sains.

Cara Kerja Web Crawler
      
      Web crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka web crawler tersebut akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu. Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web crawling atau spidering.
       
       Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui data data mereka. Web crawler biasa digunakan untuk membuat salinan secara sebagian atau keseluruhan halaman web yang telah dikunjunginya agar dapat di proses lebih lanjut oleh system pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk proses pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan alamat e-mail.
         
         Web crawler termasuk kedalam bagian software agent atau yang lebih dikenal dengan istilah program bot. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi, disebut sebagai seeds. Setiap kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler akan mencari alamat yang lain yang terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya.

      Studentsite adalah situs website yang digunakan seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma yang dijadikan untuk memperoleh informasi tentang perkuliahan. Banyak info-info yang disajikan di studentsite seperti info beasiswa, seminar, jadwal kuliah, rangkuman nilai, jadwal ujian. Oleh sebab itu mahasiswa diwajibkan untuk mempunyai studentsite agar semua informasi bisa didapatkan dengan mudah.Bagaimana jadinya jika Universitas Gunadarma tidak menyediakan website studentsite ? yang terjadi adalah semua informasi akan menjadi lama buat kita ketahui sebab informasi tersebut akan di sampaikan secara lisan.

Dibagian awal halaman terdapat berita-berita apa saja yang ada pada studentsite

Disana juga terdapat cara untuk mengaktivasi studentsite :
setelah kita login studentsite kita akan menjumpai halaman seperti berikut :

Disana kita dapat melihat kalender akademik perkuliahan, baak news :   
  • Kalender ini merupakan rangkuman jadwal selama 1 semester. Dari jadwal kuliah,jadwal libur,jadwal pengisian KRS dan lain sebagainya yang berhubungan dengan berjalannya proses perkuliahan. Selain itu terdapat pula libur yang penting seperti libur Hari Raya agama.
  • Sedangkan baak news adalah berita-berita terupdate yang ada di baak sepeti info mahasiswa, info layanan, pelayanan loket, dll

Pada studentsite juga dapat memilih layanan dengan meng-klik menu dropdown berikut : 

            
       Pada layanan tersebut kita dapat melihat, jadwal kuliah, jadwal ujian, pesan dosen, nilai, absen, info seminar, dll. yang tentunya memudahkan kita untuk mengaksesnya, tidak perlu ke kampus berdesakan, disana juga tersedia blog-blog komunitas, agar kita bisa saling berbagi pengetahuan dan lain-lain, kita juga dapat mengirim tugas melalui studentsite tanpa harus mengirim lewat email yang pastinya agak ribet jika kita setiap semester berganti dosen, harus mencatat email-email dosen, tugas atau postingan pada blog hanya perlu kita kirim linknya saja, tidak perlu attachment data, sehingga memudahkan mahasiswa mengerjakan tugas.

Berikut saya akan merangkum kelebihan dan kekurangan studentsite:

Kelebihan dari studentsite :
  1. Informasi bisa didapat dengan mudah secara online
  2. Dapat mengerjakan tugas di studentsite jadi mahasiswa tidak perlu repot-repot mencari dosennya untuk mengempulkan tugas
  3. Memudahkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi
  4. Dapat diakses dimana sajadan kapan saja
Kekurangannya :
  1.  Setiap mahasiswa harus sering membuka studentsite jika tidak kita akan ketinggalan informasi.
  2. Terkadang jika banyak yang mengakses studentsite, maka studentsite akan susah untuk di buka.
  3. Situs ini terkadang tidak bisa di akses, mungkin di karenakan ada gangguan dari pusatnya(maintenance).


Sumber:
http://sengineku.blogspot.com/2010/10/arti-dan-fungsi-crawler.html
http://blog.um.ac.id/corianna/2011/12/14/search-engine-web-crawler/
http://ahmadfaza.com/cara-kerja-web-crawler.html
http://annunaki.me/2012/12/25/tips-agar-sering-didatangi-oleh-google-crawlers/
http://mediarie.blogspot.com/2011/07/melihat-perbedaan-search-engine_12.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_archiving


http://sharingsciene.blogspot.com/2013/03/analisa-web-studentsite.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar